Skip links

PROFIL BUPATI GOWA

ac5nt-g3rpl

Nama Lengkap :  Adnan Purichta Ichsan S.H., MH.

Tempat/ Tanggal Lahir : Makassar, 9 Maret 1986

Suku Bangsa : Makassar, Indonesia

Agama : Islam

Berat/Tinggi Badan : 80 Kg / 180 cm

Golongan Darah : O+

Alamat : Jl. Komp. Gubernur Blok E 13 No. 6 Kelurahan Tidung, Kec. Rappocini, Makassar

Hobby: Olahraga (Futsal dan  Basket), Bermain Musik

Biografi Singkat

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL. SH, MH.

Muda, cerdas, dan merakyat. Itulah karakter yang melekat pada sosok Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, SH, MH. Terlahir dan ditempa dari keluarga birokrasi dan politisi, membuatnya memiliki karakter kuat sebagai seorang pemimpin.

Ayahnya, DR. H. Ichsan Yasin Limpo SH, MH. dan ibunya, Hj. Novita Madonsa Ichsan berperan penting dalam membangun karakter kepemimpinannya. Karier politik suami dr Priska Paramita ini dimulai di Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 dengan bertarung memperebutkan satu kursi di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Saat itu, ia maju melalui Partai Demokrat di daerah pemilihan (Dapil) Makassar. Niatannya itu didukung penuh keluarga besarnya, termasuk dari kakeknya, Kolonel (Purn) H. M. Yasin Limpo.

Keterlibatan awal Adnan di dunia politik itu disebut-sebut kala itu sebagai pertarungan penuh resiko. Bagaimana tidak, Adnan yang terlahir dari keluarga besar Partai Golkar yang merupakan partai penguasa di Sulsel malah memilih menggunakan kendaraan Partai Demokrat.

Belum lagi, ia bertarung di luar daerah basisnya. Padahal saat itu, ayahnya DR. H. Ichsan Yasin Limpo, SH, MH, berstatus Bupati Gowa. Namun keputusannya ambil bagian di Pemilu 2009 di Dapil Makassar melalui Partai Demokrat membuktikan pria kelahiran Jakarta, 9 Maret 1986 ini sebagai seorang petarung.

Pribadi yang low profile, cerdas, muda dan karakter kepemimpinan tersendiri ternyata mampu menarik dukungan masyarakat Makassar. Di usianya yang saat itu masih 23 tahun, ia mampu keluar sebagai peraih suara tertinggi meninggalkan politisi-politisi senior yang bersaing di dapilnya.

Duduk sebagai salah satu anggota DPRD Provinsi Sulsel, Adnan memperlihatkan hakikat sebagai wakil rakyat. Satu hal yang ia buktikan adalah memperjuangkan ekonomi kreatif masyarakat golongan menengah kebawah selain tugas-tugas legislasi.

5 April 2013, Adnan memutuskan mundur dari Partai Demokrat yang dihari yang sama diikuti pengunduran dirinya di DPRD Provinsi Sulsel. Konstalasi politik di Pemilihan Gubernur Sulsel 2013, membuatnya mengambil keputusan itu.

Pemilu 2014, anak kedua dari empat bersaudara ini kembali bertarung memperebutkan kursi di DPRD Provinsi Sulsel. Kali ini, ia maju melalui Partai Golkar di Dapil yang sama (Makassar). Karena Makassar saat itu dibagi menjadi dua Dapil, Adnan memilih berjuang di Dapil Makassar I.

Lagi-lagi keputusannya untuk tetap bertahan di Dapil Makassar dianggap sebagai sesuatu yang beresiko. Karena saat itu, banyak Caleg yang berstatus anak bupati memilih bertarung di Dapil yang meliputi daerah yang dipimpin orang tuanya. Banyak pihak yang menyebut, saatnya ia kembali ke Gowa.

Namun, alumni Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) ini tetap membuktikan diri sebagai petarung sejati dengan bertarung “di luar kandang”. Tapi ia membuktikan diri sebagai figur pilihan rakyat dengan mampu keluar sebagai peraih suara terbanyak Partai Golkar di Dapilnya.

Dilantik 23 September 2014 sebagai anggota DPRD Provinsi Sulsel Periode 2014-2019, 10 bulan setelahnya, atau tepat 23 Juli 2015 ia kembali memutuskan mundur dari DPRD Sulsel. Ia memilih berjuang menjadi abdi masyarakat di kampungnya, Kabupaten Gowa.

Namun bukan hal mudah untuk sampai sebagai salah satu calon bupati. Ia terhalang adanya UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota (UU Pilkada) terkait Pasal 7 huruf r atau yang kala itu populer dengan sebutan Pasal Dinasti.

Sebagai warga negara yang haknya untuk memilih dan dipilih terhalangi, Adnan mengajukan gugatan ke Makhamah Konstitusi (MK). Ia memohon pengujian Pasal 1 angka 6, Pasal 7 huruf r berikut penjelasannya dan huruf s UU Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota (UU Pilkada) terkait persyaratan menjadi bakal calon kepala daerah baik sebagai calon bupati/walikota maupun gubernur.

Baginya, pasal yang ia gugat dari UU Nomor 1 Tahun 2015 menyalahi UUD 1945 terkait hak warga negara untuk dipilih dan memilih. Pandangan Adnan itu terbukti kebenarannya setelah MK mengabulkan permohonannya.

Adnan akhirnya mampu melewati pertarungan awal sebelum maju sebagai Calon Bupati Gowa berpasangan dengan H Abd Rauf Malaganni yang populer dengan panggilan Kr Kio. Dalam proses Pilkada, Adnan menjadi magnet tersendiri. Tak hanya di Gowa, tapi perhatian publik Indonesia.

Hal itu terbukti, setelah ia menjadi salah satu calon bupati yang diundang oleh salah satu stasiun televisi nasional menjadi narasumber di deklarasi Pilkada Damai. Adnan menjadi satu-satunya Cabup asal Sulsel yang diundang.

Sistem di Pilkada serentak 2015 dengan masa kampanye yang jauh lebih lama dari Pilkada-Pilkada sebelumnya, mampu ia lewati dengan baik. Terbukti, selama kurang lebih 3 bulan masa kampanye, ayah dari dua anak ini (Kheila Kinanthi Naryama Adnan dan Arya Mahadika Nalendra Adnan) mampu menyentuh seluruh wilayah Gowa, yakni 675 dusun dan lingkungan.

Adnan Purichta Ichsan, SH, MH. dan H. Abd. Rauf Malaganni, S.Sos, M.Si, akhirnya mampu keluar sebagai pemenang dengan persentase perolehan suara mencapai 41,56 persen. Meskipun kemenangan itu harus melalui gugatan kompetitornya di MK yang belakangan gugatan itu tidak diterima oleh MK.

Usai dilantik 17 Februari 2016, Adnan langsung menggenjot kerja-kerja pemerintahan. Mahasiswa pasca sarjana di Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini ingin Gowa mencapai visi jangka panjang Kabupaten Gowa Tahun 2005-2025 yaitu “Gowa menjadi Andalan Sulawesi Selatan dan Sejajar dengan Daerah Termaju di Indonesia dalam Mensejahterakan Masyarakat”.

Ada lima program khusus yang menjadi perhatiannya. Yakni di bidang Pendidikan, dengan mewujudkan Kabupaten Gowa sebagai kabupayen pendidikan pertama di Sulsel, melalui program prioritas, pendidikan gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB), investasi SDM seperempat abad, penyempurnaan program Iman dan Taqwa (Imtaq) Indonesia, berupa penghapusan mata pelajaran baca, tulis dan menghitung untuk kelas 1 dan 2 SD yang digantikan mata pelajaran bermain yang memuat pembelajaran karakter dan akhlak. Selain itu, dibawah kepemimpinannya, Pemkab Gowa sementara mengusahakan pendirian Universitas Syekh Yusuf.

Bidang kedua yang jadi prioritasnya adalah sektor kesehatan. Ia memastikan program kesehatan gratis yang selama ini berjalan akan tetap berlaku dan tidak akan terganggu dengan regulasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Ia bahkan berada dibalik penggalangan dukungan seluruh kepala daerah se-Indonesia untuk melakukan uji materi UU BPJS di MK.

Peningkatan puskesmas non perawatan (non rawat inap)  menjadi puskesmas perawatan (rawat inap) juga salah satu gebrakannya. Di bidang infrastruktur, Adnan jadi bupati pertama di Indonesia yang mengalokasikan anggaran infrastruktur dengan menggunakan standar persentase sebesar minimal 20% dari total  APBD.

Di bidang pertanian, peningkatan bantuan bibit dan pupuk bagi para petani juga dilakukan untuk meningkatkan produksi pertanian yang bermuara pada ketahanan pangan. Terakhir yakni peningkatan di bidang UMKM, yaitu dengan memfasilitasi pengembangan UMKM unggulan di setiap desa dan kelurahan agar mampu membuka usaha baru yang berimbas pada rekruitment tenaga kerja. Adnan yakin hal itu bisa berimbas pada penurunan angka pengangguran dan kemiskinan.

Selain lima program khusus itu, masih ada program terobosan lainnya yang dilakukan Adnan, seperti di bidang keagamaan. Gowa menjadi daerah pertama yang mengganti program Jumat Olahraga menjadi Jumat Ibadah.

Di sektor pariwisata, Adnan kini merancang lahirnya event yang mendapatkan kalender pariwisata nasional. Malino yang selama ini jadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Gowa bahkan di Sulawesi Selatan ingin ia bangkitkan kembali.

Melalui program Beautiful Malino, Adnan yakin wisatawan akan berkunjung ke Gowa. Menawarkan keindahan alam Malino, Bupati Adnan juga merancang Malino menjadi kota bunga. (*)

DATA KELUARGA

  • Orang Tua : Alm. H. Ichsan Yasin Limpo, SH, MH dan Novita Madonza Amu Ichsan
  • Istri : dr. PriskaParamita (Surabaya, 22 Mei 1989)
  • Anak :
    • Kheila Kinanthi Naryama Adnan (Jakarta, 8 November 2011)
    • Arya Mahadika Nalendra Adnan(Jakarta, 1 Juni 2013)
  • Saudara :
    • Sadli Nurjaffia Ichsan
    • Roidah Halilah Falih Ichsan
    • Muh. Hauzan Nabhan Icshan

PENDIDIKAN

  • Sekolah Dasar : SD Islam Athirah
  • SMP : SMP Islam Athirah
  • SLTA : SMA Negeri 2 Makassar
  • S1  : Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar
  • Magister (S2)   : Program Studi Magister Ilmu Hukum Konsetrasi Hukum Tata Negara,
    Universitas Muslim Indonesia Makassar

KURSUS/LATIHAN

  1. Orientasi Kepemimpinan Kepala Daerah yang diselenggarakan oleh APKASI (2016)
  2. Program Pemantapan Pimpinan Daerah (P3DA) Angkatan X yang diselenggarakan oleh LEMHANAS RI (2019)

JABATAN ORGANISASI

  1. Wakil Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Sulsel
  2. Wabendum DPD I Golkar Sulsel
  3. Ketua Pertina Sulsel 2009 s/d 2013
  4. Wakil Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Dalam Negeri 2019 s/d 2021
  5. Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gowa 2019 s/d 2024
  6. Ketua PMI Sulsel 2018 s/d 2023

PEKERJAAN

  1. Bupati Gowa, 2016 s/d 2021
  2. Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Selatan, 2014 s/d 2015
  3. Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Selatan, 2009 s/d 2013

PENGHARGAAN

  1. Indonesian Migrant Workers Award (IMWA) 2015 Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kuching, Malaysia
  2. Sertifikat Bina Satpol PP Terbaik sebagai Pembina Teknis Satpol Pendidikan dari Gubernur Sulawesi Selatan pada HUT Satpol PP Ke-66 Tahun 2016
  3. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Atas LKPD Kabupaten Gowa TA 2015 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan
  4. Juara III Pelaksana Terbaik Gotong Royong Kategori Kelurahan Tingkat Sulsel Tahun 2016 (Kelurahan Malakaji)
  5. Penghargaan Honorary Police dari Kapolda Sulsel Tahun 2016
  6. Penghargaan Koperasi dan UMKM Tahun 2016 Sebagai Peran Aktif dan Wujud Kesungguhan, Sikap dan Upaya dalam Pembinaan dan Kepedulian Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Gubernur Sulawesi Selatan
  7. Penghargaan Terbaik I Kabupaten/Kota Peduli Kesehatan Olahraga dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016
  8. Penghargaan sebagai Pemrakarsa Rekor Kerja Bhakti Gotong Royong Membersihkan Parit, Selokan/Got dan Sungai/Kali Terpanjang dan Peserta Terbanyak dari Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LPRID) Tahun 2016
  9. Penghargaan sebagai Penyelenggara Rekor Kerja Bhakti Gotong Royong Membersihkan Parit, Selokan/Got dan Sungai/Kali Terpanjang dan Peserta Terbanyak dari Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LPRID) Tahun 2016
  10. Penghargaan Pemecahan Rekor Pembakaran Gogos Terpanjang Sepanjang 696 meter dengan Jumlah Orang Terbanyak 696 orang dengan menggunakan pakaian adat dari Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LPRID) Tahun 2016 (Kecamatan Pallangga)
  11. Penghargaan Inisiator Sekolah Ramah Anak dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016 (SD Mangalli Kecamatan Pallangga)
  12. Penghargaan Inisiator Puskesmas Ramah Anak dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016 (Puskesmas Pallangga)
  13. Juara III Lomba Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Tahun 2015 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan
  14. Penghargaan atas WTP Tahun Anggaran 2015 dari Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPB) Kementrian Keuangan RI
  15. Penghargaan Bina Marga sebagai Daerah dengan Kinerja Terbaik dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016
  16. Penghargaan sebagai Percontohan Layanan Anak Integratif Nasional dari Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial RI
  17. Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2016 dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI
  18. Penghargaan Terbaik Kedua Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan oleh Gubernur Sulsel.
  19. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Atas LKPD Kabupaten Gowa TA 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan
  20. Penghargaan DAFA Award Tahun 2017 Madya Tingkat Kabupaten/Kota kepada Forum Anak Kabupaten Gowa dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.
  21. Juara Harapan III Desa Terbaik pada Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017. (Desa Panakukkang Kecamatan Pallangga)
  22. Penghargaan Terbaik Keempat dalam Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2017 dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
  23. Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia atas Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2012-2016 dari Kementrian Keuangan RI.
  24. Penghargaan WOW Public Service Excellent 2017 Kategori Pelayanan Prima di Bidang Pendidikan di Era Marketing dari Lembaga Manajemen dan Pemasaran MarkPlus Inc.
  25. Penghargaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Atas Sumbangsih Pemerintah Kabupaten Gowa Terhadap Pembangunan Sulawesi Selatan pada Peringatan HUT Sulsel Ke-348 Tahun.
  26. Penghargaan Tokoh Pendorong Kemajuan 2017 Kategori Kepala Daerah versi Harian Berita Kota Makassar.
  27. Penghargaan Universitas Indonesia Scholarship Award Tahun 2017 sebagai salah satu lembaga yang selama ini berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa utamanya dalam hal memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa Gowa untuk bersekolah di Universitas Indonesia.
  28. Penghargaan Pelaksana Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Terbaik I Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017 pada Hari Kesehatan Nasional Ke-53 Tahun Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
  29. Penghargaan Pemerintah Sulsel kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa atas Peraturan Daerah (Perda) Tentang TB yang mampu Meningkatkan Jumlah Penemuan Kasus TB Secara Aktif Mencapai 192/100 ribu Penduduk melalui Pos TB Desa.
  30. Penghargaan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Tahun 2017 dari Kementrian Pertanian RI.
  31. Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Yaitu Koperasi Gabungan Kelompok Petani Kecil (KPK) dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
  32. Penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) sebagai Pemrakarsa Atraksi Gendang Tradisional Tebanyak yakni 1.000 orang Penabuh Gendang dengan jumlah gendang terbanyak yakni 1.000 buah Gendang.
  33. Penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) atas Gerakan Periksa Payudara Sendiri (Sadari) di 697 Titik yang diikuti Sebanyak 13.477 orang peserta.
  34. Penghargaan Swasti Saba Wiwerda atas Keberhasilan dalam Menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2017 untuk Klasifikasi Pembinaan dari Menteri Kesehatan RI.
  35. Penghargaan Gubernur Sulsel atas Dedikasi Bupati Gowa Sebagai Pemrakarsa Kampung Literasi di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan pada Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional Ke-52 Tahun 2017.
  36. Juara Tembak Reaksi Executive Pangdam XIV Hasanuddin Cup pada Peresmian Lapangan Tembak Pistol Bakri Hasan Makodam XIV Hasanuddin.
  37. Penghargaan BAPPENAS pada Persatuan Perusahaan Air Minum (Perpamsi) Award sebagai Kategori Pembina Terbaik Ketiga Kabupaten Berpenduduk Lebih dari 500.000 Jiwa.
  38. Penghargaan Philip Kotler Center, Bupati Entrepeneurship Award kepada Bupati Gowa For The Distinguished Accomplishment in Education Development pada acara KIN ASEAN Forum.
  39. Penghargaan Inisiator Lorong Terintegrasi Berbasis Masyarakat dari Gubernur Sulawesi Selatan.
  40. Penghargaan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) atas prestasi dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2017 dengan Predikat Nilai “B”.
  41. Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah Kategori Kabupaten Terbaik I kepada Kabupaten Gowa atas Keberhasilan Menyusun Rencana Pembangunan dan Melaksanakan dengan Konsisten dari Gubernur Sulawesi Selatan.
  42. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan atas Kontribusi Kabupaten Gowa dalam Pembangunan di Sulawesi Selatan untuk Bidang Perekonomian.
  43. Penghargaan Public Service of The Year Sulawesi Selatan 2018 kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dari Lembaga Manajemen dan Pemasaran MarkPlus Inc.
  44. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa sebagai Kategori Terbaik dalam Inovasi Penanggulangan dan Pengendalian TBC Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
  45. Penghargaan Menteri Dalam Negeri atas Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Dua (**) dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2016.
  46. Top Pembina BUMD 2018 atas keberhasilan Bupati Gowa dalam berkontribusi dan memberikan dukungan kepada PDAM Tirta Je’neberang Kabupaten Gowa dari Majalah Bussiness News Indonesia dan Asia Bussiness Research Center.
  47. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Atas LKPD Kabupaten Gowa TA 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.
  48. Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2018 Kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
  49. Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2018 Bidang Sosial Budaya dari Koran Sindo.
  50. Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia atas Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2013-2017 dari Kementrian Keuangan RI.
  51. Juara Harapan III pada Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018. (Desa Kanjilo Kecamatan Barombong)
  52. Penghargaan Juara II Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2018 Kategori Sekolah dengan Pencapaian Terbaik (Best Achievement) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (SMA Negeri 5 Kabupaten Gowa)
  53. Penghargaan Puskesmas Tinggimoncong sebagai Puskesmas Pembina Sekolah Pemenang Juara II Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2018 Kategori Sekolah dengan Pencapaian Terbaik (Best Achievement) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  54. Penghargaan Jong Celebes Award kepada Adnan Purichta Ichsan YL, SH, MH sebagai Tokoh Harapan Pemuda dari Forum Kreativitas Pemuda Sulawesi Selatan.
  55. Penghargaan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Kabupaten Layak Pemuda 2018 kepada Kabupaten Gowa Kategori Utama.
  56. Penghargaan Piala Nakamukti dari International Indonesia Council For Small Bussiness (ICSB) yang diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia.
  57. Penghargaan Indonesia Award 2018 kepada Kabupaten Gowa sebagai Daerah dengan Tata Kelola Keuangan Daerah Terbaik Se-Indonesia dari INews TV.
  58. Penghargaan Sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2018 Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi RI.
  59. Penghargaan Kementrian Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional atas Peran Aktif dan Dukungan dalam Mensukseskan Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2018.
  60. Penghargaan Gubernur Sulsel kepada Pemerintah Kabupaten Gowa sebagai Kabupaten yang memiliki Komitmen dalam Upaya Mewujudkan Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
  61. Penghargaan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018 dengan Predikat Nilai “B”.
  62. Penghargaan Anugerah Kencana dari BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan kepada Bupati Gowa atas Dedikasi dan Partisipasi dalam Membangun dan Menyukseskan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Provinsi Sulawesi Selatan.
  63. Penghargaan Public Relations Indonesia Award (PRIA) Tahun 2019 Kategori Terpopuler di Media Sub Kategori Pemerintah Kabupaten dari PR Indonesia.
  64. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan Kepada Kabupaten Gowa sebagai Terbaik dalam Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2019 Kategori Konsistensi dan Pencapaian.
  65. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan Kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa atas Inovasi PAK ADNAN (Pelayanan Keliling Akte Kelahiran Administrasi Kependudukan) Sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019.
  66. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa atas Inovasi IMPIAN (Informasi Manajemen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Sebagai ASN) Sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019.
  67. Penghargaan YWN Entreprenurial Marketing Award as An Inspiring Regional Leader U-40 dari Marketeers dan HK&Co.
  68. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Atas LKPD Kabupaten Gowa TA 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.
  69. Sertifikat Apresiasi dari BPKP Provinsi Sulawesi Selatan atas Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam Pencapaian Level 3 Kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Gowa Pada Tahun 2019.
  70. Penghargaan Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulawesi Selatan kepada Kabupaten Gowa sebagai Pemenang Kategori Humas Kab/Kota dengan Media Sosial Teraktif Tahun 2019
  71. Penghargaan Manggala Karya Kencana Kepala BKKBN Kepada Bupati Gowa atas Prestasi yang Menonjol dan Komitmen serta Kepemimpinannya dalam Menggerakkan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk Mewujudkan Keluarga Kecil, Bahagia, Sejahtera.
  72. Penghargaan Pastika Parama dari Menteri Kesehatan RI atas Prestasi Pemerintah Daerah yang berhasil Menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Bebas Rokok.
  73. Penghargaan Aditya Karya Mahatva Yodha (AKMY) Award 2018 Kategori Pembina Umum Terbaik Karang Taruna Kabupaten/Kota
  74. Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2019 Kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
  75. Penghargaan Kategori Pemimpin Muda Pemersatu Pemuda dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).
  76. Penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik I pada Wilayah 3 (Meliputi Pulau Sulawesi, NTB, NTT, Maluku dan Papua) dalam rangka Dukungan Penyelenggaraan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) 2019 dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.
  77. Penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia Kategori Bupati atas Jasa-jasa dan Kepeduliaan yang Tinggi dalam Upaya Peningkatan Kompetensi dan Mutu Pendidikan di Indonesia dari Ikatan Guru Indonesia (IGI).
  78. Penghargaan atas Dukungan dalam Peningkatan Pelayanan Perumahan dan Penertiban Aset dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.
  79. Penghargaan Apresiasi Pembina Proklim Utama Tahun 2019 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
  80. Penghargaan kepada Kabupaten Gowa sebagai Kebijakan Pemda dalam Mendorong Percepatan Akses Keuangan Daerah dari Otoritas Jasa Keuangan Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua.
  81. Penghargaan kepada TPAKD Kabupaten Gowa sebagai Penggerak Percepatan Akses Keuangan Daerah dari Otoritas Jasa Keuangan Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua.
  82. Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas Keberhasilannya Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2018 dengan Opini WTP dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.
  83. Penghargaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2019 kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) dan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Daerah
  84. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan kepada Puskesmas Bontonompo I, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa sebagai Peringkat Tiga Puskesmas Berprestasi Kategori Puskesmas Pedesaan.
  85. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan kepada Posyandu Lansia Tamanyeleng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa sebagai Juara Keenam Lomba Posyandu Lansia Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
  86. Penghargaan Tropy Proklim Utama pada Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2019 tingkat Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Dusun Buloa, Desa Rappolemba, Kecamatan Tompobulu.
  87. Penghargaan Sertifikat Proklim Utama pada Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2019 tingkat Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Lingkungan Borong Raukang, Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu.
  88. Penghargaan Sertifikat Proklim Utama pada Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2019 tingkat Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Dusun Bontobila, Desa Julubori, Kecamatan Pallangga.
  89. Penghargaan Sertifikat Proklim Utama pada Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2019 tingkat Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Lingkungan Tacciri, Kelurahan Lembang Parang, Kecamatan Barombong.
  90. Penghargaan Sertifikat Proklim Utama pada Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2019 tingkat Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Lingkungan Biring Balangi, Kelurahan Lembang Parang, Kecamatan Barombong.
  91. Penghargaan Sertifikat Proklim Utama pada Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2019 tingkat Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada Lingkungan Malino, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong.
  92. Penghargaan Anugerah Ki Hajar 2019 Kategori Pertama Tingkat Kabupaten atas Implementasi TIK Pendidikan melalui Peningkatan Kompetensi SDM TIK dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI
  93. Penghargaan Swasti Saba Wistara atas peran aktif dan upaya mensinergikan program serta pemberdayaan masyarakat dalam menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019 dari Kementrian Dalam Negeri bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan RI.
  94. Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi 2019 terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dari Ombudsman RI 
  95. Penghargaan kepada SD Negeri Unggulan Bontomanai sebagai Kategori Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan.
  96. Penghargaan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas Prestasinya sebagai Top 30 Instansi Pemerintah Penyelenggara Pengaduan Pelayanan Publik.
  97. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan kepada BUMDes Berprestasi Juara I BUMDes Bonto Sunggumanai, Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa.
  98. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan kepada Bupati Gowa sebagai Kepala Daerah yang Melakukan Pembinaan dan Motivasi Kepala Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Gowa dalam rangka Perlombaan BUMDes Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019.
  99. Penghargaan Menteri Sosial RI kepada Bupati Gowa atas Partisipasi dalam Penanganan Penerima Pelayanan Kesejahteraan Sosial.
  100. Penghargaan Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan kepada SMP Negeri 4 Pallangga sebagai Peserta Terbaik II dalam Aksi Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik melalui Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019.
  101. Penghargaan Pusat Trasformasi Kebijakan Publik (Transformasi) dan Yayasan Peduli Nasional (YPN) kepada Bupati Gowa atas Komitmen dalam Pengelolaan Sampah melalui Pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bank Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa.
  102. Penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas prestasi Penyelenggara Rekor Penanaman Akar Wangi (Vetiver) Secara Serentak dan Massal di Lokasi Terbanyak 71 Desa/Kelurahan pada 11 Kecamatan dengan Melibatkan Personil Masyarakat, ASN, TNI, Polri, Mahasiswa, Pelajar dan Karyawan.
  103. Penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) kepada Bupati Gowa atas prestasi Pemrakarsa Rekor Penanaman Akar Wangi (Vetiver) Secara Serentak dan Massal di Lokasi Terbanyak 71 Desa/Kelurahan pada 11 Kecamatan dengan Melibatkan Personil Masyarakat, ASN, TNI, Polri, Mahasiswa, Pelajar dan Karyawan.
  104. Penghargaan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Informasi Birokrasi (MENPAN-RB) kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2019 dengan Predikat Nilai B.
  105. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Selatan Kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas Laporan Hasil Keuangan Daerah TA. 2019
  106. Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas Rekor Pembagian Masker Terbanyak Pada Tingkat Kabupaten
  107. Penghargaan Lencana Panca Warsa I Gerakan Pramuka Tahun 2019 dari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan
  108. Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti Gerakan Pramuka Tahun 2020 dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
  109. Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan atas Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Menekan Angka Kekerasan Terhadap Anak di Sulsel
  110. Penghargaan Kepala Badan Pusat Statistik  (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan kepada Bupati Gowa atas Dukungannya dalam Melampaui Target Pelaksanaan Sensus Penduduk Online di Kabupaten Gowa
  111. Penghargaan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas Prestasinya sebagai Kabupaten dengan Capaian Response Rate yang Melebihi Target dalam Pelaksanaan Sensus Penduduk Online