Lompat ke konten

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian

Website : https://diskominfo.gowakab.go.id/

Latar Belakang

Sesuai dengan amanat Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Gowa (Lembaran Daerah Kabupaten Gowa Tahun 2016 Nomor 11), Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Penyelenggaraan pelayanan dan pembangunan bidang Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian diharapkan mampu menghubungkan wilayah sebagai satu kesatuan dan mendistribusikan informasi pembangunan ke seluruh wilayah. Namun demikian, selain keberhasilan yang telah dicapai, masih banyak tantangan yang dihadapi untuk pembangunan kedepan sejalan dengan perubahan dan dinamika lingkungan strategis, sementara disisi lain pengembangan informasi terus dituntut untuk melaksanakan fungsi penunjang dan pendorong aktivitas sosial ekonomi ke seluruh pelosok.

Perencanaan dan pengendalian pembangunan adalah urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota berdasarkan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Perencanaan pembangunan daerah yang terpadu diperlukan untuk menjamin pelaksanaan pembangunan daerah yang mantap dan berkesinambungan, dengan mempertimbangkan kemampuan sumber daya daerah, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan perkembangan regional dan global.

Tugas dan Fungsi

Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian merupakan unsur pelaksana tugas Pemerintah Daerah di bidang Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (Lembaran Daerah Kabupaten Gowa Tahun 2016 Nomor 11) . Berdasarkan Peraturan Daerah dimaksud, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian mempunyai fungsi penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah di bidang Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepala daerah.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian mempunyai tugas:

  1. Perumusan kebijakan penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang komunikasi informatika, statistik dan persandian;
  2. Pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan bidang komunikasi informatika, statistik dan persandian;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan bidang komunikasi informatika, statistik dan persandian;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas urusan pemerintahaan bidang komunikasi informatika, statistik dan persandian;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Visi dan Misi

Visi :

“Terwujudnya pelayanan informasi dan komunikasi berbasis teknologi menuju masyarakat Kabupaten Gowa yang berdaya saing dengan tata kelola pemerintah yang baik”.

Misi :

1. Meningkatkan sarana prasarana dan profesionalisme sumber daya aparatur bidang komunikasi dan informatika

2. Mengoptimalkan pemanfaatan sarana komunikasi dan informasi pemerintah serta melaksanakan diseminasi informasi

3. Meningkatkan layanan online dalam penyelenggaraan pemerintah berbasis teknologi informasi dan komunikasi

4. Mengoptimalkan pengelolaan data menuju satu data pembangunan untuk kabupaten gowa

5. Mengoptimalkan pengamanan informasi dan komunikasi pemerintah

Struktur Organisasi