RSUD SYEKH YUSUF

Direktur
 
dr. H. Salahuddin, M.Kes
Pangkat: Pembina Utama Muda
Nip: 19630910 199503 1 002

 

GAMBARAN UMUM

RUMAH SAKIT SYEKH YUSUF

         Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa di Sungguminasa dibangun sejak tahun 1981, yang merupakan rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa yang operasionalnya di mulai pada tanggal 1 April 1982. Pada saat itu RSUD Sungguminasa merupakan Rumah Sakit tipe Kelas D, yang secara tehnis operasional bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, serta merupakan rumah sakit rujukan dari beberapa Puskesmas di kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan.

            Pada  tanggal 28 Desember 2005, Rumah Sakit Umum daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa telah berhasil memperoleh sertifikat Akreditasi dengan predikat lulus BERSYARAT oleh Tim Komite Akreditasi Rumah sakit (KARS) untuk 5 jenis pelayanan yaitu : Pelayanan Administrasi, Pelayanan Medis,  Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Keperawatan dan Pelayanan Rekam Medis. Pada tanggal 5 November 2010 RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa mendapatkan Piagam Penghargaan Citra Pelayanan Prima Tingkat Madya dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Demokrasi Birokrasi.

            Dalam perkembangannya, pada tanggal 9 Desember 2011, RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa berhasil memperoleh sertifikat Akreditasi PenuhTingkat Lanjutan oleh Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk 12 jenis pelayanan yaitu: Pelayanan Administrasi, Pelayanan Medis, Pelayanan Gawat darurat, Pelayanan Keperawatan, Pelayanan Rekam Medis, Pelayanan Kamar Operasi, Pelayanan Laboratorium, Pelayanan Radiologi, Pelayanan Perinatologi Resiko Tinggi, Pelayanan Pengendalian Penyakit Infeksi, Pelayanan Farmasi, Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).Dengan perolehan Sertifikat Akreditasi Penuh, maka Rumah Sakit semakin dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM).

            Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa telah mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk melayanai masalah kesehatan, baik bagi masyarakat di Kabupaten Gowa, maupun masyarakat di Sulawesi Selatan bagian selatan, sebagai fungsi pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk masyarakat di seluruh Indonesia. Dalam memberikan pelayanan kepada pasien RSUD Syekh Yusuf di dukung olehfasilitas pelayanan kesehatan, baik sarana maupun prasaran, sumber daya manusia, serta peralatan yang canggih dan mutakhir.

Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, merupakan Rumah sakit Klasifikasi B, yang terletak di Ibukota Kabupaten  Gowa, ± 500 m2 ke Timur dari jalan raya menghubungkan kota-kota yang berada di Sulawesi Selatan ± 10 km dari arah Timur Kota Makassar yang luasnya 4,62 Ha dengan batas-batas :

  1. Sebelah Timur berbatasan dengan Jl. DR,Wahidin Sudirohusodo Sungguminasa.
  2. Sebelah Barat berbatasan dengan Jl. Dahlia Sungguminasa.
  3. Sebelah Utara berbatasan dengan Jl. Perintis AMD Sungguminasa.
  4. Sebelah Selatan berbatasan dengan  Jl. Kamboja

RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa terletak di Jl. DR.Wahidin Sudirohusodo No.48 Sungguminasa pada Wilayah Kelurahan Batang kaluku Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, dengan kode pos (9211) Telp. 0411-866536  Fax. 0411-840892.

Wilayah Cakupan Rumah Sakit Syekh Yusuf kabupaten Gowa meliputi seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa. Jumlah pasien sebagian besar berasal dari Kecamatan yang terdekat dari 18 (delapan belas) kecamatan dengan radius 10 Km dari pusat kota dan terdapat pula pasien yang berasal dari pinggiran wilayah kota Makassar.

Status Kepemilikan             : Pemerintah Kabupaten Gowa

Type Rumah Sakit               : B ( Non Pendidikan )

VISI, MISI, DAN TUJUAN

 A.     Visi

“Terwujudnya Rumah Sakit yang Berkualitas dan Berdaya Saing”

 B.    Misi

1. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan yang Komprehensif, bermutu yang berorientasi pada Keselamatan pasien.

2. Meningkatkan tata kelola administrasi Rumah Sakit yang efektif, efisien dan akuntabel.

3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang humanis dan berdaya saing.

4. Meningkatkan sarana dan prasarana sesuai standar  rumah sakit klasifikasi B Pendidikan.

 C.   Tujuan

1. Meningkatnya Pelayanan Kesehatan yang Komprehensif, bermutu yang berorientasi pada Keselamatan pasien.

2. Meningkatnya tata kelola administrasi Rumah Sakit yang efektif, efisien dan akuntabel.

3. Meningkatnya  kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang humanis dan berdaya saing.

4. Meningkatnya sarana dan prasarana sesuai standar  rumah sakit klasifikasi B Pendidikan.

 STRUKTUR ORGANISASI  RUMAH SAKIT

 

Struktur Organisasi Rumah Sakit Umum  Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa berdasarkan Peraturan Daerah  Kabupaten Gowa  Nomor 7 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Perubahan Daerah Nomor 8 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan daerah, Lembaga Teknis daerah Kabupaten Gowa.

Struktur Rumah Sakit Umum Daerah  Syekh Yusuf Kabupaten Gowa terdiri dari Seorang Direktur pada Eselon II, 2 (dua) orang Wakil Direktur pada Eselon IIIa yaitu Wakil Direktur Administrasi Umum dan Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan. Dua orang Kepala Bagian yaitu Bagian Umum dan Bagian Prorgam dan Informasi yang masing-masing bagian memilik 3 (tiga) Kepala Sub Bagian, Dua orang Kepala Bidang yaitu Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Kepala Bidang Keperawatan yang masing- masing bidang memiliki 2 ( dua) orang Kepala Seksi.

Jumlah keseluruhan Jabatan Struktural sebanyak 17 (tujuh belas) ditambah kelompok non Struktural, kelompok Jabatan Fungsional.

Tinggalkan Balasan