Badan Penelitian dan Pengembangan

KEPALA BADAN
Andi Kumala Idjo, SH
 
SEKRETARIS BADAN
Drs. Akhyani Saleh, M.Sc
 
LatarBelakang

Pemberlakuan otonomi daerah secara luas merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pemerintah daerah untuk membangun masyarakatnya berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki. Tantangan terbesar yang di hadapi oleh pemerintah daerah adalah bagaimana melaksanakan pembangunan sesuai dengan kondisi masyarakat serta dalam kondisi keuangan daerah yang terbatas. Olehnya itu, dibutuhkan data dan informasi potensi sumber daya yang akurat dan factual untuk perencanaan agar pembangunan daerah dapat dilaksanakan dengan optimal.

Salah satu sumber data dan informasi yang akurat dan factual yaitu melalui kegiatan penelitian dan pengembangan. Fakta menunjukkan bahwa data dan informasi dari hasil penelitian dan pengembangan memegang peranan yang sangat strategis dalam menunjang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimanfaatkan bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Penelitian dan pengembangan memegang peranan untuk menunjang pembangunan di daerah masih terbatas akibat masih kurangnya dukungan sumberdaya, baik sumber daya manusia, infrastruktur dan peralatan. Kondisi ini juga mengakibatkan masih rendahnya dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dipergunakan oleh pemerintah daerah dalam mendukung peningkatan derajat kehidupan social dan ekonomi masyarakat.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka penguatan kelembagaan, sumber daya manusia, modal serta sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan sebagai pendukung utama perencanaan pelaksanaan pembangunan agar akuntabel dan responsive serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Salah satu upaya untuk mendorong percepatan pembangunan daerah dan meningkatkan daya saing daerah adalah salah satunya melalui pengembangan Sistem Inovasi Daerah (SIDa). Selain itu, pengembangan Sistem Inovasi daerah (SIDa) dapat mendayagunakan segenap potensi pembangunan secara efisien guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi berkualitas secara berkelanjutan.

BadanPenelitiandanpengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Gowa merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Gowa yang mempunyai tugas dan fungsi yang strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya di kabupaten Gowa melalui kegiatan penelitian dan pengembangan.

Kedudukan

Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Gowa dipimpin oleh Kepala Badan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

 

Visi dan Misi

Visi

“Sebagai Poros Perumus Kebijakan dalam Mendorong Inovasi Daerah menuju Kabupaten Gowa yang Handal”.

Misi:

1. Mewujudkan hasil penelitian dan pengembangan yang berkualitas sebagai dasa rperumusan kebijakan pemerintah daerah menuju terciptanya goods governance, clean government, berkeadilan dan demokratis;

2. Mengoptimalkan penerapan hasil kelitbangan di masyarakat dan mewujudkan pengembangan system inovasi dan penerapan teknologi di daerah;

3. Berkolaborasi dan bersinergi dengan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan lembaga Lainnya baik yang sifatnya perorangan maupun organisasi.

Tinggalkan Balasan