Skip links

Program Metro Somba Opu Ubah Pola Pikir Masyarakat Terhadap Kebersihan Lingkungan

HUMASGOWA – Program ‘Metro Somba Opu’ atau Mengubah Midset/Pola Pikir Orang Somba Opu yang digalakkan Camat Somba Opu dan kini menjabat Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Sekretariat Kabupaten Gowa, Indra Wahyudi Yusuf tengah dirasakan manfaatnya.

Ia mengatakan, program ini sudah ada sejak dirinya menjabat sebagai camat tahun 2018 lalu, hanya saja saat ini pihaknya lebih menspesifikkan dalam mengubah pola pikir masyarakat untuk mewujudkan peran serta dan partisipasinya dalam membangun Kecamatan Somba Opu sebagai Kecamatan terdepan yang merupakan ibukota dari Kabupaten Gowa, khususnya dalam menciptakan lingkungan yang bersih melalui Ayo Gowa Bersih.

” Program ini kita peruntukkan bagi masyarakat, karena pola pikir masyarakat dan gaya hidupnya yang apatis terhadap lingkungan, dan mereka menganggap itu semua urusannya pemerintah, sehingga kami berkomitmen melalui program ini kita ajak masyarakat mengubah pola pikirnya terutama dalam mencintai lingkungan kita,” jelasnya, Kamis (3/10).

Salah satu cara yang dilakukan dalam mengubah pola pikir tersebut melalui Dialog Hati yang rutin dilakukannya hampir setiap hari dalam dua bulan terakhir ini.

” Dialog Hati ini maksudnya kami turun langsung ke masyarakat dan berbicara dari hati ke hati untuk mendengarkan keluh kesah masyarakat, karena yakin dan percaya jika pola pikirnya yang diubah dan mengetahui apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh masyarakat maka lingkungan dan keadaan yang kita inginkan tercapai dengan sendirinya karena adanya kesadaran dari masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan Kabag Humas, perubahan signifikan terlihat dari partisipasi masyarakat mengikuti Sabtu Bersih, bahkan hampir setiap hari daerah yang disasar tidak terjadi penumpukan sampah, apalagi telah dilengkapi 1 RW 1 motor sampah.

” Motor sampah sudah ada karena ini salah satu permintaan masyarakat yang diinginkan lewat dialog hati tadi, jadi masyarakat yang menyampaikan insyaallah pemerintah akan mendengarkan jika itu untuk kebaikan Pemkab Gowa khusunya menjadikan Somba Opu sebagai kecamatan metrpolitan melalui program metro somba opu ini,” beber Indra.

Program yang hadir melalui Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IX Kabupaten Gowa yang dirancang beberapa bulan lalu ini menyasar empat kelurahan pada target jangka pendek yaitu Kelurahan Mawang, Tamarunang, Paccinongan dan Samata, kemudian pada jangka menengah menyasar delapan kelurahan, dan jangka panjang yang akan mencakup 14 kelurahan se-Kecamatan Somba Opu.

” Untuk jangka pendek ini atau dua bulan pengerjaan kita berfokus pada empat kelurahan tersebut, karena keempat kelurahan ini tingkat partisipasi masyarakatnya sangat tinggi, dan nantinya kami akan menyasar keseluruhan kelurahan yang ada di Kecmatan Somba Opu,” bebernya.

Olehnya dirinya berharap, melalui program Metro Somba Opu sesuai dengan singkatan Metro yang diinginkan Make Everthing To be numbeR One akan membawa Somba Opu terbebas dari penumpukan sampah dan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman dengan menyentuh masyarakat langsung untuk mengubah pola pikirnya dalam meningkatkan partisipasinya dalam menjadikan Somba Opu Kecamatan terbaik. (sumber humas)

Leave a comment

Name*

Website

Comment