Kesehatan

1. Apakah yang dimaksud kesehatan gratis di Kabupaten Gowa…???

Yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan gratis adalah : semua pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas dan jaringannya dan pelayanan kesehatan rujukan kelas III Rumah Sakit Pemerintah Daerah tidak dipungut biaya dan obat yang diberikan menggunakan obat generik.

2. Apa tujuan dari kesehatan gratis di Kabupaten Gowa…???

Tujuan dari Program Kesehatan Gratis adalah :

a. Membantu dan meringankan beban masyarakat dalam pembiayaan pelayanan kesehatan.

b. Meningkatnya cakupan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas serta jaringannya dan di Rumah Sakit milik pemerintah Wilayah Kabupaten Gowa.

c. Meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Gowa

d. Meningkatnya pemerataan pelayanan kesehatan bagi Masyarakat Kabupaten Gowa.

e. Terselenggaranya Pembiayaan Pelayanan Kesehatan Masyarakat dengan pola JPKM di Kabupaten Gowa.

3. Siapa saja yang menjadi sasaran kesehatan gratis di Kabupaten Gowa…???

Sasaran program pelayanan kesehatan gratis adalah seluruh penduduk Kabupaten Gowa yang mempunyai identitas (KTP/Kartu Keluarga), tidak termasuk yang sudah mempunyai jaminan kesehatan lainnya.

4. Pelayanan apa saja yang di gratiskan dalam pelayanan Kesehatan Gratis di Kabupaten Gowa…???

      1. Pelayanan Kesehatan di Puskesmas dan jaringannya

          a. Kegiatan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) yang dilaksanakan dalam gedung meliputi 

                pelayanan :

                1) Pemeriksaan dan konsultasi kesehatan

                2) Pelayanan pengobatan dasar umum dan gigi

                3) Pelayanan laboratorium sederhana dan penunjang lainnya

                4) Tindakan medis sederhana

                5) Pelayanan kesehatan ibu dan anak termasuk pemeriksaan Ibu Hamil dan Ibu Nifas

                6) Pelayanan KB

                7) Imunisasi

                8) Pemberian Obat-obatan

           b. Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP) dilaksanakan pada Puskesmas Perawatan, meliputi

                pelayanan :

                1) Pelayanan perawatan pasien

                2) Pemeriksaan Laboratorium dan penunjang medis lainnya

                3) Tindakan medis yang dibutuhkan

                4) Pemberian obat-obatan (generik)

                5) Persalinan normal dan perawatan Nifas

                6) Pelayanan Spesialistik tertentu

          c. Pelayanan gawat darurat (emergency) merupakan bagian kegiatan Puskesmas termasuk

               penanganan Obstetri-Neonatal dan perawatan  perbaikan gizi buruk

         d. Pelayanan kesehatan luar gedung yang dilaksanakan oleh Puskesmas dan jaringannya, meliputi

              kegiatan :

              1) Pelayanan rawat jalan melalui Puskesmas keliling roda-4, Pusling perairan maupun roda-2

             2) Pelayanan kesehatan melalui kunjungan rumah (Perkesmas)

             3) Penyuluhan kesehatan

             4) Imunisasi

             5) Pelayanan ibu hamil melalui berbagai kegiatan/program

             6) Pertolongan Persalinan

            7) Pelayanan Nifas

            8) Surveilans penyakit dan surveilans gizi

            9) Kegiatan sweeping

         10) Pelayanan kesehatan lainnya yang menjadi tugas dan fungsi Puskesmas.

      2. Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit/Balai Kesehatan

           a. Rawat Jalan Tingkat Lanjut (RJTL) dilaksanakan pada Rumah Sakit yang

                menyediakan pelayanan spesialistik, poliklinik spesialis RS/Balai Kesehatan mili Pemerintah

                Daerah meliputi :

     1) Konsultasi kesehatan, pemeriksaan fisik dan penyuluhan kesehatan oleh dokter spesialis/umum

    2) Rehabilitasi Medik

              3) Penunjang diagnostik, laboratorium klinik, radiologi dan elektromedik

             4) Tindakan medis kecil dan sedang

             5) Pemeriksaan dan pengobatan gigi tingkat lanjutan

             6) Pelayanan KB, termasuk kontap efektif, kontap pasca persalinan/keguguran, penyembuhan efek samping dan

                  komplikasinya

            7) Pemberian obat yang mengacu pada ketentuan (obat generik)

            8) Pelayanan darah (3 bag/kantong)

           9) Pemeriksaan kehamilan dengan resiko tinggi dan penyulit

      b. Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) dilaksanakan pada ruang perawatan kelas III RS

           Pemerintah, meliputi :

           1) Akomodasi rawat inap pada kelas III

        2) Konsultasi kesehatan, pemeriksaan fisik dan penyuluhan kesehatan

        3) Penunjang diagnostik : laboratorium umum klinik, radiologi dan elektromedik

        4) Tindakan medis

        5) Operasi sedang dan besar

        6) Pelayanan rehabilitasi medis

        7) Perawatan intensif (ICU, ICCU, PICU, NICU, PACU)

        8) Pemberian obat mengacu ketentuan (obat generik)

        9) Pelayanan darah (3 bag/kantong)

     10) Bahan dan alat kesehatan habis pakai

     11) Persalinan dengan resiko tinggi dan penyulit

    c. Pelayanan Gawat Darurat (emergency)

5. Apa saja hak dan kewajiban peserta pelayanan Kesehatan Gratis…???

* Peserta pelayanan kesehatan gratis berhak mendapat pelayanan sesuai paket pelayan yang telah ditentukan di atas.

* Peserta pelayanan kesehatan gratis wajib memperlihatkan keterangan domisili (Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga) serta memperlihatkan surat rujukan dari

Puskesmas bagi peserta pelayana kesehatan gratis yang berobat ke rumah sakit.

6. Waktu Pelayanan

PUSKESMAS

Jam Pelayanan pukul 08.00 s/d 13.00 Wita

RUMAH SAKIT

Pelayanan rawat jalan pukul 08.00 s/d 12.00 Wita

Jam pelayanan UGD, Laboratorium, Radiologi dan Apotik buka 24 jam.

7. Pelayanan yang tidak ditanggung/dijamin pelayanan Kesehatan Gratis

Pelayanan Yang Tidak Di Tanggung / Di Jamin :

a. Operasi Jantung

b. Katerisasi Jantung

c. Pemasangan  Cincin Jantung

d. CT Scan

e. MRI

f. Cuci Darah (Haemodialisa)

g. Bedah Syaraf

h. Bedah Plastik

i. Alat Bantu Kesehatan

Beautiful Malino 2017 Jembatan Kembar di malam hari Istana Tamalate Balla Lompoa Accera’ Kalompoang