Skip links

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

KEPALA DINAS

Syafruddin Ardan, SE.

Pangkat/Gol : Pembina Utama Muda / IV-b

Nip.: 19580221 198101 1 006

Gambaran Umum Dinas

1. Kedudukan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Gowa berkedudukan di Jalan Poros Pallangga, tepatnya berada dalam Kompleks Terminal Cappa Bungaya, dengan kode pos 92161.

2. Latar Belakang

Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah mensyaratkan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membentuk sebuah instansi tersendiri yang menangani masalah ketenagakerjaan dan ketransmigrasi.

Sehubungan dengan hal tersebut dibuat Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan diperkuat dengan Peraturan Bupati Nomor 50 Tahun 2016 Tentang tentang Tugas Pokok dan Fungsi.

3. Visi dan Misi

Visi

Visi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa, yaitu:“Terwujudnya Tenaga Kerja dan Transmigran Yang Produktif, Mandiri, dan Berdaya Saing.

Pernyataan visi di atas bermakna:

  1. Produktif bermakna bahwa tenaga kerja dan transmigran Kabupaten Gowa mempunyai produktivitas yang tinggi sehingga mampu meningkatkan produksi.
  2. Mandiri bermakna bahwa tenaga kerja dan transmigran Kabupaten Gowa mampu bertindak sesuai keadaan tanpa meminta atau bergantung pada orang lain atau pemerintah.
  3. Berdaya saing bermakna bahwa tenaga kerja dan transmigran Kabupaten Gowa mampu bersaing di pasar kerja maupun menjadi wirausaha.

Misi

Misi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa, sebagai berikut:

1. Meningkatkan kualitas tenaga kerja, perluasan kesempatan kerja dan kewirausahaan. Misi ini merupakan upaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa untuk meningkatnya perluasan dan kesempatan kerja.

2. Meningkatkan pembinaan hubungan industrial dan perlindungan tenaga kerja. Misi ini merupakan upaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa untuk meningkatnya perlindungan, keselamatan dan kesehatan tenaga kerja.

3. Meningkatkan pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi. Misi ini merupakan upaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa untuk mengembangkan kawasan transmigrasi menjadi tempat tinggal  dan usaha yang layak.

4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kapasitas dan profesionalisme aparatur. Misi ini merupakan upaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa untuk meningkatkan mutu pelayanan publik dan administrasi perkantoran yang sangat dibutuhkan guna mendukung segala upaya pembangunan dan pengembangan bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian.

Program Unggulan

  1. Program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja.
  2. Program peningkatan kesempatan kerja.
  3. Program perlindungan dan pengembangan lembaga ketenagakerjaan.
  4. Program pengembangan kawasan transmigrasi.

STRUKTUR ORGANISASI

Leave a comment

Name*

Website

Comment