Skip links

Dinas Pemuda dan Olahraga

KEPALA DINAS

Drs. MUH. FAJARUDDIN, MM

NIP: 197008041991011002

Pangkat: Pembina Tk.I

SEKRETARIS DINAS

Drs. H. SAPPE MANGIRIANG, MM

NIP: 196212311988031115

Pangkat: Pembina Tk.I

Visi dan Misi Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa

  • Visi

Berdasarkan rumusan tugas pokok dan fungsi Dinas Pemuda dan Olahraga yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 26 Tahun 2008 tentang pembentukan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Gowa, juga visi dan misi Bupati terpilih periode 2016-2021 yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 8 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021, serta hasil telaahan terhadap isu-isu aktual yang berkembang, maka Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa menetapkan visi sebagai yaitu :

“TERSELENGGARANYA LAYANAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA YANG PRIMA”

 Dengan penetapan rumusan visi tersebut, maka diharapkan penyelenggaraan layanan Kepemudaan dapat membentuk dan mencetak sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing yang mampu mewujudkan perannya sebagai mahluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam sekitarnya untuk dapat mewujudkan visi pemerintah daerah yaitu tewujudnya masyarakat yang berkualitas mandiri dan berdaya saing.

  • Misi

Untuk dapat mewujudkan visi sebagaimana rumusan diatas, maka Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa menetapkan misi sebagai berikut :

Misi Pertama : Menyediakan layanan kepemudaan yang merata.

Dalam misi ini terkandung makna bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga mempunyai tanggung jawab dalam ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan kompetensi kepemudaan di Kabupaten Gowa.

Misi Kedua : Menyediakan layanan cabang olahraga yang merata.

Dalam misi ini terkandung makna bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga mempunyai tanggung jawab dalam ketersediaan sarana dan prasarana, pembinaan pelatih, dan pembinaan atlit yang berprestasi cabang olahraga di Kabupaten Gowa.

Misi Ketiga : Meningkatkan kualitas pelayanan administrasi.

Dalam misi ini terkandung makna bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan pelayanan administrasi perencanaan, pelaporan, umum, kepegawaian dan keuangan.

Kedudukan dan latar belakang

 Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa berkedudukan di Kantor Bupati Gowa, Jalan Mesjid Raya Nomor 30 Sungguminasa.

Keberadaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Dinas Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan di bidang pemuda dan olahraga berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan serta mempunyai fungsi :

  1. perumusan kebijakan teknis pemuda dan olahraga meliputi bidang kepemudaan, bidang keolahragaan, dan bidang sarana, data dan informasi;
  2. penyelenggaraan urusan pelayanan kepemudaan dan olahraga meliputi, bidang kepemudaan, bidang keolahragaan, dan bidang sarana, data dan informasi;
  3. pembinaan dan penyelenggaraan tugas pemuda dan oahraga meliputi bidang kepemudaan, bidang keolahragaan, dan bidang sarana, data dan informasi;
  4. penyelenggaraan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

Sesuai tugas pokok dan fungsi di atas, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa telah melaksanakan amanat dari peraturan tersebut melalui pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2016-2021.

Program Unggulan

Dalam rangka mendukung pencapaian arah kebijakan pembangunan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, maka dirumuskan 7 (tujuh) program yang terdiri dari 4 (empat) program sekretariat dan 3 (tiga) program bidang yang merupakan program teknis Dinas Pemuda dan Olahraga,  adalah sebagai berikut :

  1. Program Pelayanan Umum Administrasi Perkantoran;
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur;
  3. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur;
  4. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan;
  5. Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olahraga;
  6. Program Peningkatan Peran Serta Kepemudaan;
  7. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Olahraga.

FILE DINAS PEMUDA DAN OLAH RAGA :

 

Leave a comment

Name*

Website

Comment