Skip links

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang

KEPALA DINAS

Ir. H. Muhammad Mundoap, M.Si.

SEKRETARIS DINAS

Ir. Rusdy Alimuddin

Visi dan Misi
– VISI
Visi merupakan pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana Instansi Pemerintahan harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi tidak lain adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh Instansi Pemerintah.
Dengan mengacu pada batasan tersebut, Visi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gowa dijabarkan sebagai berikut :
“Terwujudnya Infrastruktur Pekerjaan Umum, Permukiman dan Penataan Ruang yang berkualitas”
Visi yang dirumuskan ini juga menjadi acuan dan penuntun bagi setiap upaya yang akan dikembangkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang tersebut antara lain :
a. Pelayanan Profesional, artinya adalah Pelayanan Umum yang diberikan oleh Instansi Pemerintah dengan memperhatikan penempatan personil yang tepat dalam bidang tugas keahliannya. b. Transparan, merupakan prinsip keterbukaan yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluasluasnya tentang sistem pelayanan pemerintah. c. Akuntabel, mempunyai arti yang sangat dalam, namun secara singkat dapat diartikan “dapatdipercaya” dan “bertanggungjawab”

– MISI
Untuk tercapainya Visi dan misi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gowa tahun 2016-2021, dan memperhatikan identifikasi masalah pelayanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gowa serta isu strategis yang sudah dijabarkan, dapat dirumuskan misi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang tahun 2016-2021 sebagai berikut :
1. Meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas wilayah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan daya saing dan meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dengan penyediaan jaringan jalan dan jembatan yang andal dan terpadu. 2. Meningkatkan kualitas lingkungan permukiman yang layak huni dan produktif melalui pembinaan dan fasilitasi pengembangan infrastruktur permukiman yang terpadu, andal dan berkelanjutan. 3. Mewujudkan Penataan Ruang sebagai acuan matra spasial pembangunan daerah serta keterpaduan pembangunan infrastruktur Pekerjaan Umum dan Permukiman berbasis Penataan Ruang dalam rangka pembangunan berkelanjutan. 4. Meningkatkan kualitas perencanaan teknis infrastruktur yang berkualitas dan inklusif. 5. Mewujudkan pengelolaan dan pengembangan sarana prasarana irigasi secara optimal dan berkelanjutan yang mendukung ktahan air dan kedaulatan pangan. 6. Mewujudkan upaya penyelenggaraan konservasi sumber daya air dan pengendalian daya rusak air serta operasi pemeliharaan jaringan pengairan yang berwawasan lingkungan untuk menjaga kelestarian air dan sumber air. 7. Meningkatakan peran serta masyarakat petani pemakai air dan kerjasama para pihak pengelola sumber daya air secara terpadu. 8. Meningkatkan perencanaan, pengawasan, pengendalian, monitoring dan evaluasi pendayagunaan sumber daya air ketersediaan yang ditunjang dengan ketersediaan data dan sistem informasi yang terbarui. 9. Menyelenggarakan dukungan manajemen fungsional dan sumberdaya yang akuntabel, kompeten dan inovatif menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

GAMBARAN SINGKAT ORGANISASI

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gowa dibentuk berdasarkan Peraturanm Daerah Kabupaten Gowa Nomor 7 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Gowa yang nerupakan gabungan dari tiga SKPD yaitu SKPD Dinas Prasarana Wilayah Kabupaten Gowa, SKPD Kantor Kebersihan Kabupaten Gowa dan SKPD Dinas Cipta Karya Kabupaten Gowa. Dinas Pekrjaan Umum dipimpin oleh seorang Kepala Dinas mempunyai Tugas pokok dan fungsi berdasarkan Peraturan Bupati Gowa Nomor : 32 Tahun 2008 Tanggal 22 Desember 2008 adalah melaksanakan sebagian kewenangan atau urusan Pemerintahan Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Pekerjaan Umum yang menjadi tanggungjawab dan kewenangannya berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Untuk penyelenggaraan tugas pokok tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, mempunyai fungsi sebagai berikut : a. Perumusan kebijakan teknis di bidang urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang meliputi urusan Bina Marga, Cipta Karya, Teknik dan Perencanaan, Tata Ruang, Operasional dan Pemeliharaan Pengairan dan Pengairan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku; b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang meliputi Bina Marga, Cipta Karya, Teknik dan Perencanaan, Tata Ruang, Operasional dan Pemeliharaan Pengairan dan Pengairan c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugas dan kewenangannya; d. Pengelolaan administrasi umum meliputi ke Tatalaksanaan, Keuangan, Kepegawaian, Perlengkapan dan Peralatan. e. Pengelolaan Unit Pelaksanaa Teknis Dinas f. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan dan fungsinya.

STRUKTUR ORGANISASI

FILE DINAS PUPR

Leave a comment

Name*

Website

Comment