Pemkab Kendal Berguru Pengelolaan Pemerintahan

Sungguminasa— Pemerintah Kabupaten Gowa kembali mendapatkan kunjungan studi banding, kali ini dari Pemerintahan Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Penerimaan kunjungan kerja diterima oleh Sekretaris Daerah Kab Gowa, H. Baharuddin Mangka bersama pimpinan SKPD Pemkab Gowa bertempat di Baruga Karaeng Pattinggaloang, Jumat (12/12).

Rombongan Pemerintah Kabupaten Kendal diketuai Asisten Bidang pemerintahan Kab Kendal, Winano. Terdiri dari Camat Se Kab Kendal, Sekertaris Camat dan Kepala Kasi di Kantor Kecamatan. Mereka berharap kedatangannya ke Gowa kelak memberi warna baru dalam pengelolaan pemerintahan kecamatan.

Menurut ketua rombongan, kunjungan kerjanya ke Pemerintah Kabupaten Gowa bertujuan mendapatkan pencerahan sekaligus perbandingan dalam penyelenggaraan pemerintahan terutama pemerintahan Kecamatan. ” Dalam kunjungan kerja kali ini kami berharap untuk mendapatkan pengetahuan terbaru dari Pemkab Gowa tentang penyelenggaraan bidang pemerintahan, bidang pembangunan, bidang kemasyarakatan serta bidang ketentraman dan ketertiban.” Jelas ketua rombongan saat menjelaskan maksud tujuannya mendatangi Kab Gowa.

Penyelenggaraan pemerintahan terkait dengan berlakunya UU no 6 tahun 2014 tentang pembangunan desa dan UU no 3 tahun 2014 tentang pelimpahan wewenang camat selaku aparat pemerintah dan kepala wilayah. Terkait dengan bidang pemerintahan bagaimana pelaksanaan perencanaan pembangunan itu sendiri sedangkan untuk ketertiban dan keamanan bagaimana mempersiapkan kabupaten menyiapkan proses Pemilihan Kepala Daerah.

Sekertaris Daerah Kab Gowa, menyambut hangat kehadiran rombongan di Kabupaten Gowa, menurutnya setiap tamu yang datang merupakan berkah buat daerah ini. Pemerintah Kabupaten Gowa sendiri telah siap dalam pelaksanaan UU nomor 6 tahun 2014. “ Pemerintah Gowa telah siap dalam menjalankan uu nomor 6, bahkan telah memiliki program desa yang telah tercantum dalam RPJMDes. Bahkan tahun 2015 Pemkab Gowa telah menganggarkan sekitar 82 milliar untuk Alokasi Dana Desa (ADD) meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebesar 16 milliar.” Jelas Baharuddin Mangka.

Guna mempersiapkan perangkat desa menerima alokasi dana yang cukup besar, Pemerintah Kabupaten Gowa telah mempersiapkan program pendampingan bagi seluruh desa dalam pengelolaan administrasi laporan keuangan desa. Bahkan Pemkab Gowa merencanakan untuk melakukan audit dua kali dalam setahun yang dilakukan oleh Inspektorat Kab untuk melakukan pengawasan.

Berkaitan dengan perencanaan Pembangunan, H. Baharuddin Mangka menjelaskan kalau program perencanaan dimulai sejak dasar (desa). “ Proses perencanaan dimulai sejak Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrembang) tingkat desa memberi kesempatan bagi setiap desa mengemukakan kebutuhan setiap desa guna direalisasikan menjadi program kabupaten. Setelah Musrembang desa kemudian dilanjutkan dengan Musrembang Kecamatan dan forum SKPD. Dimana semua perencanaan terintegrasi sejak dari bawah (pedesaan),” urai Sekda Gowa.

Selain memperoleh pengetahuan pengelolaan pemerintahan, Pemkab Kendal juga menerima cindra mata berupa patung Sultan Hasanuddin, Kamus dan sari buah markisa. (*)

 

Jembatan Kembar di malam hari Istana Tamalate Balla Lompoa PaddiValley Golf Club Accera’ Kalompoang Malino Highlands